• *selamat datang di web kami*

    Pages

    Pembekalan PKKT I


    Oleh : Muhammad Badrushshalih

    Alhamdulillah, hari ini mulai merefresh materi selama 4 tahun yang lalu. Hari ini merupakan hari pertama PKKT (Persiapan/Pendidikan Keterampilan Klinik Terpadu ) dengan materi Keperawatan Jiwa, dosen pengampu Ns.Mursiyam. Kami kembali mencoba mengingat bagaimana berkomunikasi dengan saudara kita dalam berbagai gangguan kognitif dan juga emosional, mulai dari diagnosa defisit perawatan diri, perilaku kekerasan, harga diri rendah (HDR), gangguan konsep diri, waham, halusinasi, kerusakan interaksi social.
    Kami dibagi menjadi 4 kelompok dan mendapatkan kasus yang berbeda. Kami diberi tugas untuk menganalisa mulai dari focus masalah, penetapan masalah utama, penegakan diagnosa keperawatan hingga rencana intervensi. Kuliah yang menyenangkan, terlebuh lagi kita diberikan PR (pekerjaan rumah) untuk membuat laporan pendahuluan (LP) sebagai bekal di stase Jiwa ketika di solo nanti. Sebanyak 10 kasus dan kami mendapatkan gangguan konsep diri dengan cakupan materi berupa pengertian, faktor presidisposisi dan faktor presipitasi, rentang respon, manifestasi klinis, penanganan dan tentunya gak lupa pembuatan asuhan keperawatan (askep) dengan cakupa pengkajian (hal-hal yanh perlu dikaji), diagnosa keperawatan yang mungkin muncul (berdasarkan teori) dan perencanaan keperawatan (renpra).
    Untuk setiap materi kuliah yang diPKKTkan memiliki 4 jam pertemuan dengan pembagian waktu pelaksanaan dari jam 7.00-11.00 dan jam 13.00-17.00. Jam istirahat hari ini aku sedikit gunakan untuk merilekskan tubuh karena perjalanan semalam yang cukup melelahkan. Perjalanan Bandung-Purwokerto. Cukuplah 15 menit untuk menyegarkan tubuh.


    0 Sahabat bersuara:

    Post a Comment

    Terima kasih atas kunjungannya