Gak mau Jadi (C)PNS Gara-gara Akreditasi kampus

Adik tingkat: 'Mas, dulu seh waktu daftar PNS pake ngelampirin akreditasi kampus gak?'
Saya : 'Kalo gak salah seh gak deh'
Adik tingkat: Kalo baca di persyaratan perekrutan sekarang, ada point yang menjelaskan untuk melampirkan akreditasi kampus minimal B.Bagaimana menyikapinya ya mas?'
Saya: Kalo gak salah seh gak ada lho. Nanti saya cek lagi ya. Makasih informasinya.

Itulah sedikit percakapan via SMS saya dengan adik tingkat yang memiliki impian untuk menjadi seorang (C)PNS di tahun ini dan terganjal niatnya dengan persyaratan tersebut. Memang benar, ketika saya mencoba kembali baca pengumuman penerimaan CPNS Kemenkes 2012, ada beberapa persyaratan tambahan selain melampirkan akreditasi kampus, yaitu adanya pernyataan kesediaan untuk bekerja di unit penempatan kerja minimal 5 tahun.

Ramai juga dibicarakan di grup alumni mengenai point ini. Banyak rekan yang mundur dengan syarat yang ada dan beberapa tetap ikhtiar meskipun melihat persyaratan yang ada itu. Entah apa yang menjadi landasan panitia dengan point-point ini. Tentunya panitiapun menginginkan semua (C)PNS tahun ini lebih baik dari sebelumnya, sehingga ditambahkanlah beberapa persyaratan yang ada.

Apakah benar akreditasi menjadi penghalang untuk menjadi (C)PNS?
Hal ini gak akan terbukti, kalau kita belum mencoba. So, let's try...!!!