• *selamat datang di web kami*

    Pages

    Cintaku Tumbuh di Purwokerto; Edisi Ramadhan


    Ramadhan menjadi bulan yang memberikan kesan berbeda bagiku. Selain aktif di kampus, saya yang aktif di Masjid Fatimatuzzahro (Mafaza) mendapatkan banyak pengalaman baru di masjid yang tidak berdinding ini. Masjid megah dengan arsitektur khas Timur Tengah ini memiliki segudang program kegiatan khusus di Bulan Ramadhan. Beberapa kegiatan itu dilaksanakan oleh semua anggota keluarga Mafaza yang berada di setiap UPM (Unit Pemakmuran Masjid). Sehingga setiap UPM memiliki kegiatan tersendiri guna meramaikan masjid dan berlomba-lomba menggapai cinta-Nya.
    Beberapa kegiatan khas tersebut akan saya coba jabarkan sesuai UPM yang ada. Karena setiap UPM ini memiliki kegiatan khas yang menjadi sorotan jamaah.
    1. Radio Mafaza 96,7 FM
    UPM yang bergelut di syiar Islam ini tentunya menjadi corong MAFAZA, baik sebelum Ramadhan ataupun selama Ramadhan. Sebelum Ramadhan UPM ini sudah bekerja keras mempromosikan semua kegiatan yang akan berlangsung selama Ramadhan. Kegaiatan yang dilaksanakan radio biasanya adalah kajian LIVE baik kajian jelang buka puasa, kajian jelang tarawih, dan kajian ba’da subuh. Kegaitan yang gak kalah serunya ialah live tarawih bersama para hafidz MAFAZA. Kegiatan yang menjadi trend biasa menghadirkan live nasyid yang langsung mendatangkan munsyid ngetop yang biasanya nasyid-nasyidnya lagi nge-Hit di belantika pernasidan Mafaza tentunya. Beberapa munsyid yang sudah silaturahim dan menemani sobat MAFAZA diantaranya edcoustic, seismic, tashiru, OPICK, …
    2. Mafaza Training Center (MTC)
    UPM yang bergelut di dunia pelatihan ini paling khasnya adalah mengadakan kegiatan khusus untuk anak usia 4-6 SD, usia SMP dan SMA. Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari 2 malam ini berisi diskusi, outbond, pelaksanaan buka dan sahur bersama, pelatihan habit yang diisi dengan sholat wajib dan tarawih berjamaah, membaca qur’an serta beberapa kegiatan mengasyikkan lainnya seperti climbing menara MAFAZA dan pokoknya acara ini meriah banget. Masjid jadi rame.
    3. Lembaga Amal, Zakat, infak dan Shodakoh (LAZIS)
    Dari namanya saja sudah jelas ya kalau UPM ini memang bergerak untuk mengumpulkan amal, zakat, infak dan shodakoh jamah. Spesial Ramadhan tentunya menerima pengumpulan dan penyerahan zakat fitrah serta tidak ketinggalan juga zakat mal, zakat profesi, amal jariah serta apapun yang berbau kegiatan social, LAZIS jagonya. Kegiatan social baru namun antusias jamaah cukup banyak ialah Program Orang Tua Asuh (OTA). Dimana LAZIZ mengumpulkan dana khusus dari jamaah senilai 10.000 untuk membantu kegiatan siswa/mahasiswa berprestasi namun kurang mampu baik berupa bimbingan belajar ataupun berupa beasiswa. Antusias ini bukan hanya dari kalangan bapak-bapak atau ibu-ibu, melainkan dari mahasiswa yang notabenenya memiliki uang pas-pasan (he..he…).Berminat menjadi Orang Tua Asuh.
    4. Perpustkaan Mafaza
    Namanya juga perpustakaan, jadi setiap hari tetap melayani peminjaman buku-buku serial panduan atau novel, komik, cerpen islami bahkan kitab berbahasa arab yang tebalnya bukan maenpun ada di sini. Biasanya kalo Ramadhan biasa ngadain bedah buku yang lagi rame diperbincangkan di dunia perbukuan tentunya dengan pembedah langsung penulis bukunya. Gak nanggung-naggung, pembedah yang datang itu tingkat nasional lho…
    5. Kajian Bina Jamaah (KBJ)
    UPM ini membina jamaah MAFAZA untuk mendapatkan lebih dari sekedar kenyamaan sholat berjamaah. Setiap hari jamaah difasilitasi ilmu-ilmu berupa kajian-kajian yang disiarkan LIVE di Radio. Yang gak kalah menarik perhatianan jamaah adalah kegiatan buka bareng bersama saudara sekitar 300 jamaah. GRATIS. Alhamdulillah, selama Ramadhan banyak jamaah yang menyisihkan sebagian hartanya untuk membelikan makanan untuk berbuka. Kadang terpikir kajian di masjid jelang buka ini rame banget, apa karena ada buka gratisnya ya???he…he…karena klo kajian ba’da subuh lebih sepi…xixixxi. Semoga aja perkiraan saya salah.
    Selain itu juga UPM ini UPDATE banget untuk info-info keilmuan yang terpampang di majalah dinding bawah tangga. Di awal Ramadhan melatih para da’i menjadi da’i professional dalam berdakwah dalam Training Da’i tingkat Purbalingga, Banyumas, Cilacap, kebumen khususnya mempersiapkan para da’i untuk siap mengisi Ramadhan dengan bekal yang maksimal setelah pelatihan.
    Nah..itu beberapa aktivitas yang meramaikan hati dengan dzikrulloh dan kenikmatan dalam beribadah selama ramadhan di Purokerto. Kenangan yang akan senantiasa dirindukan sampai kapanpun. Selain menambah kecintaan pada-Nya juga mempererat ukhuwah dengan saudara seiman.

    Sekretarian Mafaza (0281) 5792147

    2 Sahabat bersuara:

    1. maen kang ke patimeh, oya, liburan desember insya ALloh ada reuni akbar lho..angkatan awal sampe 2010..

      dateng yeah..

      ReplyDelete

    Terima kasih atas kunjungannya