• *selamat datang di web kami*

    Pages

    Perawat Komunitas Desa Pamijen Sokaraja


    Selama 10 minggu saya bersama 24 mahasiswa Program Profesi Ners Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) Purwokerto melaksanakan praktek keperawatan komunitas, keperawatan keluarga di Desa Pamijen Sokaraja, Kabupaten Banyumas.
    Pekan pertama kami mencoba mengkaji kondisi desa untuk kemudian diselesaikan bersama warga dalam Musyawarah Masyakat Desa (MMD). Sepekan mengkaji dan juga mentabulasi hasil pengkajian didapatkan beberapa hasil yang kemudian kami bagi menjadi beberapa kelompok kerja (Pokja), yakni pokja kesehatan lingkungan, kesehatan ibu dan anak, lansia, pemuda serta mengelola usaha kesehatan sekolah (UKS).



    Pokja Kesehatan Lingkungan
    Fokus dari pokja ini yaitu mengkaji dan menyelesaikan permasalahan kesehatan lingkungan seperti kebersihan, kerapihan dan penataan desa baik itu di setiap rumah ataupun desa secara umum. Beberapa hal yang menjadi fokus kami meliputi penyelesaian masalah pengelolaan sampah, penataan kebersihan kandang ternak. Hal yang kami lakukan kesehatan lingkungan meliputi diadakan penyuluhan dampak penyakit-penyakit yang dikarenakan sampah, perlombaan kesehatan lingkungan, pelaksanaan kerja bakti, pengadaan gerobak sampah dan tempat sampah.

    Kesehatan ibu dan anak
    Kesehatan ibu dan anak merupakan sebuah program yang kami lakukan mengingat di desa ini telah ada posyandu. Sehingga kegiatan yang kami lakukan dapat lebih mudah. Kami bekerja sama dengan kader untuk melaksanakan berbagai kegiatan kesehatan di desa yang berhubungan dengan kesehatan ibu dan anak. Kegitan meliputi penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan ibu dan anak, lomba balita sehat.


    Kesehatan lansia
    Fokus pada kesehatan lansia meliputi pemahaman lansia terhadap penurunan fungsi tubuh sehingga mereka dapat lebih prima meskipun usia lanjut. Beberapa hal yang diberikan meliputi penyuluhan dan pemeriksaan gula darah dan asam urat. Selai itu, diadakan pula pelatihan kader mengenai senam lansia yang diadakan seminggu dua kali. 


    Kepemudaan
    Peran pemuda dalam suatu wilayah sangat penting, terlebih di Desa Pamijen telah berdiri karang taruna yang cukup aktif untuk mengadakan perkumpulan sehingga para pemuda dapat dilibatkan dalam berbagai kegiatan. 


    Usaha kesehatan sekolah (UKS)
    Upaya ini untuk membuat kader kesehatan di lingkungan akademik, sekolah. Sasaran meliputi SD di wilayah desa. Kegiaan meliputi pelatihan dan penyuluhan kesehatan dan perawat kecil.

    0 Sahabat bersuara:

    Post a Comment

    Terima kasih atas kunjungannya