Bahayanya Bahasa Tulisan

Oleh : Muhammad Badrushshalih

Beberapa kali saya (sudah) mendapatkan pelajaran mengenai bahaya tulisan. Ya, tulisan memang tidak dapat sepenuhnya untuk menggambarkan emosi kita, apalagi ekspresi kita. Anda pastinya pernah memiliki kasus yang sama, apalagi bagi Anda yang gemar dunia maya seperti facebook, twitter, ataupun dunia blog.
Gak semua orang yang memilik akun di dunia maya tersebut memiliki bahasa tulisan yang baik atau setidaknya mudah dimengerti oleh si pembaca. Misalkan saja tulisan-tulisan saya...(he..he..., ini sebuah pengakuan lho, jujur). 
Oleh karena itu, beberapa hal yang menjadi hikmah dari bahaya tulisan  secara umum bagiku :
1. Apabila komunikasi dengan orang-orang yang memiliki kebiasaan untuk serius, lebih baik janjiaan untuk tatap muka dan ngobrol sepuasnya. 
2. Jangan pernah menganggap serius bahasa tulisan orang-orang serius. Karena memang ketika sudah pernah memiliki sedikit masalah dengan kita, maka akan selamanya bermasalah (adanya kesulitan untuk merefresh masalah yang telah berlalu) dan balik lagi ke point 1, klarifikasi langsung
3. Easy going ajalah untuk menuliskan sesuatu asalkan tidak menyinggung yang lainnya dan tetep belajar untuik menulis dengan ekspresi.

Note: Bagi Anda yang kurang setuju dengan tulisan saya atau pernah tersinggung dengan tulisan atau sms saya, saya mohon sedikit waktunya untuk klarifikasi ataupun menegur saya. Saya akan sangat berterima kasih sekali atas kepedulian Anda kepada saya dengan memberitahukan kekurangan saya..


sumber gambar : om google

Post a Comment

0 Comments