• *selamat datang di web kami*

    Pages

    Susunan Acara Walimatul 'Ursy


    Oleh : Muhammad Badrushshalih

    Ini merupakan salah satu contoh susunan Acara walimatul 'ursy (pernikahan) ketika saya menjadi MC (master of ceremony atau pembawa acaranya). Ini susunan acara pernikahan Alis Mardianti,Amd.Kep (Kel.H.Maman Suryaman/Hj.Ooy Nurhayati) dan Mohamad Winarso,S.Kom ( Kel.Darpi/Siti Rochani) pada hari Senin, 4 Oktober 2010.

    A.      Acara Adat
    1. Calon mempelai pria beserta keluarga dan rombongan telah hadir di tempat acara, hadirin dimohon untuk berdiri.
    2. Pemberian untaian kalung bunga oleh Ibu calon mempelai wanita, Ibu Hj.Ooy Nurhayati kepada calon mempelai pria, Mohamad Winarso,S.Kom.
    3. Pengantin pria duduk dan kedua orang tua duduk di tempat akad dan rombongan menyesuaikan
    4. Hadirin dipersilahkan duduk
    5. Laporan penjemputan calon mempelai pria oleh Bapak Sukino. Bapak Sukino kami persilahkan.Terima kasih
    6. Penyerahan calon mempelai pria kepada keluarga calon mempelai wanita oleh Bapak Darpi yang akan diwakilkan oleh
    7. Penerimaan calon mempelai pria oleh keluarga Bapak H.Maman Suryaman yang akan diwakilkan oleh Bpk. H.Sopandi. Kepada Bpk. H.Sopandi kami persilahkan. Terima kasih
    8. Mempelai wanita dipersilahkan untuk duduk di tempat akad dan mempersiapkan diri dalam rangkaian akad nikah

    B.       Acara Inti
    Assalaamu ‘alaikum wr.wb.
    Alhamdulillahirobbil ‘alamin washolatu wassalamu 'ala asrofil anbiyai wal mursalin wa'ala alihi wasohbihi aj ma'in. Qolallohu ta’ala fi qur’anil karim A’udzubillahi minasysyaithonirrojim bismillahirrohmanirrohiim
    هُوَ الَّذِي خَلَقَكُم مِّن نَّفْسٍ وَاحِدَةٍ وَجَعَلَ مِنْهَا زَوْجَهَا لِيَسْكُنَ إِلَيْهَا
    Amma ba'du.
    Hadirin sekalian, pernikahan merupakan sesuatu yang sangat sakral. Bahkan Alloh sendiri meyebutkannya sebagai Mitsaqan Ghaliza, Perjanjian Yang Kokoh. Perjanjian pernikahan antara suami dan istri dalam akad nikah ini disejajarkan dengan perjanjian para Nabi, perjanjian dengan bani Israil, sesuatu yang agung dan berat. Maka pernikahan yang diridhai Allah akan dipenuhi oleh do’a malaikat yang menjadi saksi pernikahan. 
    Ketika akad nikah terjadi, hal-hal yang sebelumnya diharamkan, apa yang sebelumnya merupakan maksiat dan bahkan dosa besar, sejak saat akad inilah telah menjadi kemuliaan, kehormatan dan besar pahalanya disisi Allah.
    Pernikahan telah mengubah pintu-pintu dosa dan kekejian menjadi jalan kemuliaan dan kesempurnaan manusia dalam beragama. Allah menyempurnakan setengah agama ketika seseorang melakukan pernikahan.
    Sdri Alis Mardianti,Amd.Kep dan Sdr. Mohamad Winarso,S.Kom pada hari ini akan menggenapkan setengah agamanya dengan akad nikah yang akan kita saksikan bersama.
    Perkenankanlah saya, Muhammad Badrushshalih sebagai pembawa acara untuk sedikit menjelaskan rangkaian acara kesempatan kali ini. Adapun susunannya meliputi:
      1. Pembukaan
      2. Pembacaan Ayat Suci Al Qur’an
      3. Akad Nikah dilanjutkan dengan khutbah nikah dan do’a
      4. Penutup


    1.    Pembukaan
    Hadirin yang berbahagia, agar upacara akad nikah yang insya Allah segera berlangsung ini dapat berjalan dengan lancar dan penuh barokah dari Alloh SWT, marilah kita memulainya dengan bacaan ‘Basmalah’.
    BISMILLAHIR RAHMAANIR RAHIIM.
    2.    Pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan terjemahannya
    Untuk menambah keagungan dan keberkahan upacara pernikahan ini, marilah sejenak kita tundukkan hati kita untuk mendengarkan bersama pembacaan ayat-ayat suci Al Quran yang akan dibawakan oleh Ust. Hamdan,S.Pdi (dengan mengambil Qur’an Surat .................... ayat….s/d ayat dan  Qur’an Surat ……………… ayat….s/d ayat)
    Kepada Ust. Hamdan,S.Ag kami persilahkan.
    Maha Suci Alloh dengan segala Firmannya.
    3.    Akad nikah
    Hadirin yang berbahagia. Selanjutnya akan kita saksikan Perjanjian Kokoh antara Sdri Alis Mardianti,Amd.Kep dan Sdr. Mohamad Winarso,S.Kom. Untuk selanjutnya kami persilahkan kepada pihak KUA, Bapak………………………. untuk memandu akad nikah.
    Kepada Bapak……………………………kami persilahkan.
    a.    Membaca Syahadah
    b.    Meminta Doa Restu Orang Tua
    c.    Khutbah nikah
    d.   Ijab-Qobul Nikah
    e.    Doa
    f.     Pembacaan kewajiban suami-istri (sighat takhliq)
    g.    Tanda tangan berkas pernikahan
    h.    Cium Tangan & Penyerahan Mas kawin
    4.    Penutup
    Alhamdulillah, akad nikah Sdri Alis Mardianti,Amd.Kep dan Sdr. Mohamad Winarso,S.Kom telah berlangsung dengan hidmat. Tak lupa kami do’akan Barokallohu laka wa baroka alaykuma wa jama'a bainakuma fi khoir”(Semoga Allah membarakahi kalian dan barakah Allah tercurah atas kalian dan semoga Allah mengumpulkan kalian bersama dalam kebaikan).
    Atas nama panitia dan keluarga kami sampaikan terima kasih atas kehadiaran hadirin, dan tak lupa kami harapkan do’a restu atas pernikahan mempelai agar terciptanya keluarga yang sakinah mawaddah warohmah serta menjadi keluarga yang dapat memberikan tauladan bagi kita semua.
    Wabillahi taufiq wal hidayah. Wassalamu’alaikum wr.wb
    5.    Ucapan selamat dan foto bersama
    6.    Kepada para undangan kami persilahkan menikmati hidangan yang tersedia