• *selamat datang di web kami*

    Pages

    Renyahnya Serabi Betawi


    Kuliner kali ini adalah makanan yang sudah umum dikenal oleh sebagian kita. Biasanya rasanya gurih, tetapi banyak di beberapa daerah memiliki khasnya. Seperti di Bandung yang ditambah dengan oncom di bagian tengahnya atau di Solo yang mencoba dengan berbagai taburan rasa dengan menambahkan aneka buah di bagian atasnya. Hemmm..benar. Serabi.
    Kalau di Bandung kita menyebutnya sorabi. Di Solo serabi Solo. Bahakan ada daerah khusus di Solo, Notosuman. Sehingga serabi Solo tersebut dinamakan Serabi Notosuman. Karena memang di daerah ini terkenal banget akan serabinya. Tapi, pernah dengar Serabi Betawi???
    Kalau serabi Bandung satu lingkaran penuh berisi terigu yang tabl, sehngga kalau memakan satu buah saja sudah kenyang. berbeda dengan  serabi Betawi. Orang Betawi menyebutnya bukan serabi, tapi ‘kue ape’. Bentuk serabi ini serupa dengan serabi Solo dengan sedikit  terigu di bagian tengahnya dan terdapat bagian tipis di sampingnya yang membuat makanan ini gurih dan renyah. Serabi betawi memiliki tepi tipis yang lebih lebar dibandingkan serabi Solo. Serabi berwarna hijau di bagian tengah dan tepi berwarna kecoklatan. Untuk bahan pembuatan, saya rasa sama. Berbahan dasar terigu. Mau mencobanya??Tenang saja, harganya relatif murah kok. Kisaran 500-1000 rupiah per buahnya, sama seperti serabi yang lainnya. Namun, masalah rasa. Jangan ditanya. kue ape ini akan membuat Anda ketagihan karena tidak membuat kenyang dan tentunya renyah sekali. Lebih enak dimakan dalam keadaan masih hangat.

    Sumber Gambar : kue ape, serabi Solo, Sorabi

    0 Sahabat bersuara:

    Post a Comment

    Terima kasih atas kunjungannya