• *selamat datang di web kami*

    Pages

    Sukses CPNS


    Alhamdulillah, itulah yang harus saya syukuri atas beberapa nikmat yang telah Alloh berikan. Salah satu diantaranya ialah kenikmatan kesuksesan lulus CPNS di usia muda. Baru lulus kuliah langsung keterima CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) Kementrian Kesehatan. Ucapan selamatpun berdatangan dari sanak famili dan sahabat. 'Semoga sukses..!!!', 'Semoga saya bisa ikut mnyusul jejaknya.' dan berbagai ucapan lainnya. Hingga pada akhirnya ada juga yang menanyakan Tips Sukses CPNS. 
    Sebenarnya bingung juga. Ini merupakan takdir yang telah Alloh tetapkan. Saya tidak menjamin siapapun untuk lulus ujian ini, akan tetapi segala sesuatu tentunya hanya sebgaai analisis saya selain dari ketentuan yang telah Alloh tetapkan. 
    Hal yang harus diyakini pertama adalah Alloh akan memberikan apa yang terbaik bagi hamba-hamba-Nya. Ketika belum lulus, yakinlah, ada yang terbaik (waktu dan tepat) yang telah Alloh siapkan untuk kita. Setelah itu, kita bisa lanjutkan deh Tips Sukses CPNS di bawah ini.
    Saya akan membaginya menjadi 3 bagian yaitu sebelum ujian, saat ujian dan setelah ujian. Kenapa saya bagi menjadi 3 bagian??Karena mekanisme CPNS ini meliputi tahap-tahap tersebut. Langsung saja saya mulai untuk tahapan pertama.

    PRE TEST
    Seperti yang kita ketahui bahwa informasi mengenai CPNS ini tidak semua orang mengetahuinya. Hanya orang-orang tertentu yang memiliki semangat menjadi seorang PNS saja yang akan mengetahuinya. Gimana tidak, informasi ini akan didapat ketika kita berusaha mencarinya, baik melalui internet ataupun media cetak. Oleh karenanya JIWA MENCARI INFORMASI harus ditanamkan terlebih dahulu dan juga SEMANGAT SUKSES sehingga selama proses seleksi ini kita telah tersetting menjadi orang yang SUKSES CPNS. Kalau perlu, setiap informasi yang kita dapatkan ditulis dalam sebuah folder SUKSES CPNS atau apapun yang memberikan semangat kepada Anda. Saya mencoba menerapkannya untuk memberikan nama folder dalam flash disk saya dan juga tautan halaman kemenkes dengan PNS SUKSES
    Saya yakin Anda yang membaca tulisan ini adalah salah satu orang yang berusaha mencari informasi tersebut. Semoga Alloh memberikan kemudahan padamu kawan..
    Berbagai informasi tentunya akan Anda usahakan. Berbagai usaha juga rekan-rekan lainnya memberikan  informasi mengenai CPNS setiap tahunnya. Oleh karena itu, carilah sumbe rinformasi yang terpercaya. Apabila Anda menginginkan mendaftar di CPNS Kementrian Kesehatan carilah informasi di Bagian Biro Kepegawaian atau menginginkan di daerah, coba carilah informasi mengenai CPNS ini di web provinsi masing-masing. Kalau susah mencarinya. Coba pertama tanyakan ke om google, kemudian cari CPNS ....  (isi sesuai keinginan Anda, misalkan dinas kehutanan dan perkebunan, hukum dan HAM, kemenkes, CPNSD daerah). Setelah menemukan beberapa artikel mengenai informasi CPNS, maka coba cari sumber tulisan tersebut. Biasanya akan ada link (alamat web) sumbernya. Langsung saja Anda menuju sumber informasi tersebut untuk ceck kebenaran informasi.
    Beberapa yang perlu Anda catat dalam informasi meliputi : persyaratan yang harus disiapkan, waktu pendaftaran hingga pemberkasan, nomor panitia yang dapat dihubungi, formasi yang tersedia, alamat web yang dapat dipercaya barang kali suatu waktu kita membutuhkannya kembali.
    Setelah semua informasi mengenai CPNS ini kita dapatklan, saatnya menyiapkan semua pendukung ketika tes, seperti soal-soal CPNS baik dari internet ataupun membeli bukunya. Carilah buku terbitan terbaru. Pastikan Anda juga mengetahui jenis soal yang dikeluarkan satu tahun sebelumnya, karena sebagai gambaran Anda untuk tahun ini. Untuk menambah referensi latihan soal-soal CPNS, ada dapat download di sini.
    Saat pendaftaran, Anda akan diminta daftar, biasanya secara ONLINE di website yang telah ditentukan. Setelah itu akan diminta mengirimkan berkas-berkasnya. INGAT !!!. KIRIMKAN BERKAS HANYA  YANG DIMINTA PANITIA. POKONYA NURUT SAMA PANITIA.Karena apabila tidak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan, Anda  akan didiskualifikasi, alias TIDAK LULUS PEMBERKASAN.
    Setelah itu akan nunggu pengumuman pemberkasan. Apabila Anda lulus pemberkasan awal, maka Anda akan diminta untuk mengambil kartu ujian sesuai tempat yang ditetapkan panitia. Penuhi persyaratan-persyaratan yang harus dibawa. Disiapkan aja legalisiran ijazah terakhir, pas foto berwarna 3x4 (ini akan dibutuhkan hingga permberkasan akhir hingga 20 lembar baik hitam putih atau berwarna), surat keterangan sehat, registrasi ONLINE. Selain itu lihat aja deh nanti sesuai permintaan panitia. Kemudian Anda akan mendapatkan kartu ujian dan mengetahui tempat ujiannya


    TES CPNS
    Sebelum 'bertempur' sebisa mungkin Anda langsung survei tempat ujian Anda. Apalagi Anda bukan orang asli di kota tersebut. Anda perhatikan lamanya waktu yang ditempuh dari tempat tinggal Anda hingga tempat ujian, kendaraan yang digunakan dan tentunya ruangan ketika Anda ujian. Bawa jam tangan juga ya untuk estimasi waktu perjalanan Anda. Terlebih ketika Anda ujian di ibu kota. hufftt...siap-siap aja berangkat lebih awal.

    Waktu ujian dengan daftar ulang biasanya ada sela waktu sekitar 3-4 hari. Manfaatkan benar-benar waktu ini hanya untuk CPNS. Ini demi masa depanmu lho. Ya...meskipun tahun depan ada lagi, tapi setidaknya Anda tidak mau kan buang-buang biaya, waktu saat ini hanya untuk coba-coba. Yakinkan diri bahwa SAYA SUKSES CPNS TAHUN INI. INGET JUGA KALO ORANG TUA SANGAT BERHARAP BAHWA DIRIMU MENJADI LEBIH BAIK.
    Saat belajar soal-soalpun tentunya tidak terlalu diporsis. Rilekskan pikiran Anda, (Rileks lho, bukan nyantai, karena kalo nyantai takutnya berlebihan hingga mengarah kemalasan), buat suasanya belajar Anda senyaman mungkin. Siapkan soal-soal latihan CPNS  yang sudah jauh-jauh hari Anda cari. Perhatikan kesamaan jenis soal yang ada (tentunya dari tahun yang berbeda lho ya...).
    Pengalaman saya, dari beberapa sumber latihan soal yang ada memiliki kunci jawaban yang berbeda. Nah, ini harus Anda coba cari KONSEP DASAR dari soal tersebut. Misalkan contoh soal bahasa Indonesia yang sering muncul yakni bagaimana cara penulisan gelar pendidikan atau cara menulis alamat surat. Coba cari KONSEP DASARNYA. Karena dari beberapa latihan soal biasanya tidak ada pembahasannya. Hanya soal dan jawaban, kecuali matematika.
    Setelah belajar dan yakin bisa. Saatnya berangkat tes. Beberapa yang perlu disiapkan meliputi alat tulis seperti pensil 2B (kalau perlu jadikan pensil itu menjadi 2 bagian agar lebih mengirit, jangan menyerut 1 pensil pada kedua bagian, resiko menusuk), penghapus khusus 2B, alas (usahakan yang keras, gunakan papan, jangan kaca, karena resiko pecah karena jatuh dan luka karena tepi yang tajam), bulpoin (untuk daftar ulang), kertas kosong (untuk menghitung soal matematika), jam tangan (melihat waktu yang tersisa saat ujian). Usahakan sarapan, kalau tidak sempat bawa snack (makanan ringan) karena itu energimu saat ujian nanti. Akan banyak mengeluarkan energi lho ujian CPNSmu nanti. Karena kisaran 3-4 jam otak kita akan 'dipaksa' berputar terus. Gak mau kan tiba-tiba pingsan saat ujian atau setelah ujian??
    Saatnya ujian ini menjadilah karakter yang perfeksionis. Semua HARUS DISIAPKAN. Mulai dari alat tulis hingga makanan yang akan Anda bawa (he..he..pasti akan Anda perlukan lho). Gunakan pakaian yang nyaman, tidak berlebihan. Tentunya yang sopan. Sebelum berangkat, kalo perlu bercermin dan yakinkan diri SAYA SUKSES CPNS TAHUN INI. Minta restu orang tua, kalau perlu hubungi orang tua atau keluarga yang menjadi penyemangatmu.
    Perlu diingat lebih baik menunggu di tempat ujian, dari pada Anda harus terlambat. Sesampainya di tempat ujian, dan Anda masih banyak waktu untuk menunggu, sempatkanlah menenangkan diri Anda dalam do'a di pagi hari untuk sholat dhuha. Karena biasanya ujian jam 8 pagi. Nah, disini untuk ngeCHARGE iman dan semangatmu juga lho plus nambah seger karena air wudhu. Memohon diberikan yang terbaik.
    Ingat ya, selama ujian pastikan bahwa keadaan kita bener-bener tenang. Cari tempat duduk yang nyaman dan jangan mengandalkan orang lain alias nyontek.Hemm...ntar gak berkah lho CPNSnya..Semua alat tulis, kartu ujian dikeluarkan. Duduk senyaman mungkin dan biasanya kalo dibagikan soal tuh kan nunggu yang lainnya, dan biasanya seh lama. Sempatin aja lihat-lihat dulu soalnya. Karena biasanya lama banget nunggunya. Semoga saja Anda bukan termasuk yang lama dibagikan soalnya.
    Perhatikan jumlah soal dan waktu yang diberikan. jangan terlalu pusing mikirin satu soal, lihat soal lainnya yang sekiranya mudah.

    PASCA TES
    Selamat...Anda telah selesai ujian. Ini waktu yang mendebarkan, karena menunggu pengumuman hasil ujian tulis. Setelah Anda dinyatakan lulus ujian tulis, maka selanjutnya adalah pemberkasan. Nah, ini dia. Setelah ada pengumuman dari pihak panitia, maka segera saja menghubungi pihak yang menjadi tempat Anda pemberkasan. Karena dikhawatirkan ada kebijakan tersendiri dari pihak terkait (tempat Anda ditempatkan kerja nantinya).
    Semoga catatan ini bisa memberikan sedikit gambaran mengenai tes CPNS. Semoga Anda menyusul langkah rekan-rekan yang sudah lulus ya...

    SEMOGA SUKSES...!!!