• *selamat datang di web kami*

    Pages

    Malam Jum'at dengan Al Kahfi


    Kalo udah denger kata malam jum'at pasti aja pikirannya yang serem-serem. Kenapa ya??sampe-sampe kita menganggap untuk membaca surat yasin yan glebh terkenal dengan pengusir hantu. Huft...ada-ada aja ya. By the way, sebenernya ada gak seh tuntunan kita untuk baca surat yasin di malam jum'at?Hemm....ini beberapa hal yang saya dapatkan setelah mencoba mencari-carinya.

    Hadits Baca Surat Yasin itu Palsu
    Coba perhatikan hadits di bawah ini:


    إن لكل شيء قلبا, وإن قلب القرآن (يس) , من قرأها فكأنما قرأ القرآن عشر مرات


    "Sesungguhnya segala sesuatu memiliki hati, sedang hatinya Al-Qur’an adalah Surat Yasin. Barang siapa yang membacanya, maka seakan-akan ia telah membaca Al-Qua’an sebanyak 10 kali". [HR. At-Tirmidziy dalam As-Sunan (4/46), dan Ad-Darimiy dalam Sunan-nya (2/456)]

    Hadits ini adalah hadits maudhu’ (palsu), karena dalam sanadnya terdapat dua rawi hadits yang tertuduh dusta, yaitu: Harun Abu Muhammad, dan Muqotil bin Sulaiman. Karenanya, Ahli Hadits zaman ini, yaitu Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albaniy -rahimahullah- menggolongkannya sebagai hadits palsu dalam kitabnya As-Silsilah Adh-Dho’ifah (no.169).

    Kenapa harus surat Al Kahfi??
    Nah lho...Terus gimana dong untuk beramal di hari jum'at ini??Tenang, selain melakukan ibadah-ibadah wajib dan ubadah sunnah yang dianjurkan, kita bisa mengganti surat Yasin ini dengan Surat Al Kahfi (Surat ke 18). 
    Yupz, ternyata surat ini adalah surat yang dianjurkan untuk dibaca di malam/hari jum'at. Seperti yang didapat dari Abu Said Al-Khudri radhiallahu anhuma dari Nabi shallallahu alaihi wasallam bahwa beliau bersabda:

    مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنْ النُّورِ مَا بَيْنَ الجُمْعَتَيْنِ
    “Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada malam jumat maka dia akan diterangi oleh cahaya antara jumat itu hingga jumat depannya.” (HR. Al-Hakim dan Al-Baihaqi dalam Syuabul Iman, serta dinyatakan shahih oleh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’ no. 6470)

    Nabi bersabda: "Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari jum'ah niscaya cahaya meneranginya di antara dua jum'ah." (HR. al-Baihaqi, al-Hakim, ad Darimi, dan lainnya. Hadits ini Shahih dengan seluruh jalan-jalan yang menguatkannya. Lihat Silsilah ash-Shahihah no: 2651, Irwa'ul Ghalil no: 626)

    Pada hadits lain, Abu Said al-Khudri berkata: "Barangsiapa membaca carat Al-Kahfi pada malam jum'ah niscaya cahaya akan meneranginya di antara dia dengan Ka'bah (yakni pada hari kiamat, sebagaimana dalam riwayat yang lain) (Riwayat ad-Darimi no: 3283. Hadits ini dihukumi marfu' (sebagai sabda Nabi) karena hal ini tidak mungkin diucapkan semata-mata dengan akal. Lihat Shahihul Jami' no: 6471)

    Syeikhul Islam Ibnu Taimiyah pernah ditanya tentang apakah membaca surat al-Kahfi setelah ashar pada hari jum'ah itu ada haditsnya atau tidak? Beliau menjawab:"Alhamdulillah, membaca surat al-Kahfi pada hari jum'ah terdapat beberapa riwayat yang telah disebutkan oleh ahli hadits dan (ahli) fiqih, tetapi itu umum pada hari jum'ah. Al. tidak pernah mendengar bahwa hal itu khusus setelah ashar, wallahu a'lam." (Majmu' Fatawa XXIV/215)


    Nah, sekarang bisa deh mereset jadwal hari Jum'at Anda dengan membaca surat ini. Semoga bermanfaat.

    Kalau ada yang disunnahkan, kenapa cari yang gak ada tuntunannya.

    sumber ; assunah

    0 Sahabat bersuara:

    Post a Comment

    Terima kasih atas kunjungannya