• *selamat datang di web kami*

    Pages

    Mudik Aman dan Nyaman


    Kemacetan Jalan Raya
    Sepekan sebelum lebaran, budaya mudik menjadi sesuatu yang tak dapat terpisahkan dari masyarakat Indonesia. Berbagai kendaraan mulai dipenuhi dengan para penumpang. Darat, laut, udara tak ada celah sedikitpun sebagai teman mudik untuk berkumpul dengan keluarga tercinta. Tentunya kita berharap lebaran kali ini bisa berkumpul dengan keluarga, mudik dalam keadaan aman dan nyaman:
    1.       Pilih kendaraan yang nyaman menurut Anda.
    Memilih kendaraan selama mudik memang setiap kita memiliki berbagai pertimbangan. Baik itu pertimbangan waktu perjalanan, cost (biaya), ataupun memang kemanan dan kenyamanan selama perjalanan. Apabila Anda yang memilih untuk menggunakan kendaraan umum, maka siapkan tiket dan barang bawaan Anda. Kalau memang Anda mabok perjalanan, maka siapkan plastik atau bila perlu minum obat mual muntah sebelum berangkat perjalanan.
    Siapkan kendaraan pribadi bila Anda mudik bersama keluarga besar. Periksakan keoptimalan kinerja mesin dan semua kendaraan Anda.
    2.       Jaga Kondisi fisik
    Jaga kondisi fisik Anda, istirahatlah secukupnya sehari sebelumnya. Jangan sampai perjalanan Anda tidak nyaman karena Anda mengantuk. Bila selama perjalanan lelah, berhentilah di rest area.
    3.       Barang bawaan
    Data semua barang bawaan Anda. Jangan sampai ada barang penting yang tertinggal.
    4.       Sediakan P3K
    Sediakan obat-obatan pribadi Anda. Setidaknya obat anti mabuk, obat sakit kepala, minyak angin, obat luka, obat sakit maag.
    5.       Jangan lupa membawa peta
    Peta memudahkan Anda dapatkan berbagai info yang dibutuhkan selama perjalanan. Misalnya letak pom bensin, mushola atau masjid, rumah makan, posko lebaran, bengkel, dll.
    6.       Bawalah teman pelengkap macet
    Mudik gak seru kalau gak macet. Nah, untuk menemani kemacetan selama perjalanan, siapkan sarana hiburan semisal DVD player, MP3 player, buku bacaan, dan sejenisnya.
    7.       Membawa bekal makanan dan minuman yang diperlukan. Lengkapi pula dengan kantong plastik untuk tempat sampah sementara;
    8.       Jangan lupa membawa alat komunikasi semisal handphone. Pastikan membawa baterai cadangan atau charger dan pulsa cukup tersedia.
    Semoga perjalanan Anda nyaman.

    Sumber Gambar : The Guardian