• *selamat datang di web kami*

    Pages

    Perfusionistpun 'Ngeronda'


    Hehe...akhirnya ada jadwal 'ngeronda', alias jaga malam  juga setelah 2 tahun bekerja sebagai perfusionist. Meskipun bekerja menggunakan office houre, tetap aja jam kerjanya kurang (katenye seh ). Apapun itu, yang pasti bisa enjoy bekerja dalam team bedah jantung.
    Saat  tiba di ruangan, mencoba mencari kabar mengenai kondisi pasien pagi ini dan alhamdulillah baek-baek aja pasiennya :). Kemudian ke farmasi untuk ngecek kebutuhan perfusinist operasi besok. ehhh...malah disindir, kalo operasi hari ini aja belum kelar, malah udah nanyain yang besok.hihihi...Maklum mas/mba, kan saya hari ini jaga, iseng aja ngecek barang-barang kita.
    Sore dikasih pasien 3 dengan 1 CAD dan 2 katup. Saya hands on pasien CAD dengan surgeon 'patas', sampe-sampe proses rewarm mesin aja kalah dengan proses menjahit beliau :). Rehat sejenak untuk ashar setelah selesai off bypass dan decanulasi aorta cannulae. Dokumentasi operasi..

    Eng..ing...eng...Malam ini, (eh...ternyata sudah pukul 2 pagi :)) mulai jaga perdana, kami disuguhi redo (pasien yang sudah dioperasi, kembali dilakukan operasi untuk memeriksa adanya sesuatu yang tidak beres dari hasil operasi) pasien katup mitral. Ya, redo di jam sembilanan, dimana yang jaga sore sudah pada pulang. Perfusionist setiap harinya dijadwalkan oncall 2 orang, namun satu orang dikorbankan untuk jaga 'kandang'. Alhasil perfusionist yang jaga hanya sendirian. Padahal perfusionist secara proporsionalnya bekerja dalam team bedah dalam satu ruang operasi itu minimal 2 orang.
    Pasien diantarkan ke ICU dengan aman. Eitss...ternyata pasien yang diantarkan terakhir agak becek. 300 cc darah keluar dari drain dalam 30 menit. Residen bedah thorak yang baru saja ganti baju mengabarkan mau segera buka pasien tersebut. Hemmm....siapa neh yang belum mandi kembang??Pertanyaan klasik kalo ada pasien gak bagus. 
    Setelah dipastikan redo akan dilakukan, pesan alat di farmasi dan segera mengabarkan rekan yang oncall. Akhirnya ku hubungi yang oncall dan mengabarkan ada pasien yang mau buka (istilah lain redo).
    Oncall : 'yaaa...hh saya sudah di commuter line, nanti kabari lagi ya kalo mau menggunakan mesin', di setting aja dulu'
    Saya : 'oktre'
    Setelah dibuka, akhirnya ditemukan juga sumbernya.Ahh...tenang. Pasien stabil dan tidak menggunakan mesin yang sudah saya setting. Pasien dapat tidur nyenyak di ICU. Ngececk  pasien terjadwal operasi besok. Administrasi, keadaan pasien, data penunjang baik itu hasil cath, echo, lab dan persiapan darah dan tidak lupa mencatakannya pada papan jadwal yang tersedia sebagai sarana komunikasi dengan team yang akan dinas esok hari. Setelah selesi semuanya, saatnya 'ngeronda'....
    Kebiasaan kalo ngeronda, gak pake tidur. Kalopun tidur paling beberapa menit. Pelampiasannya paling esok paginya ngantuk berat :)